Kamis, 13 Mei 2010

Pondok Pesantren Syafi'i Akrom Pekalongan


Pendidikan merupakan sarana paling penting dalam mencetak generasi penerus yang mumpuni. Oleh karena itu, Pondok Pesantren Syafi’i Akrom hadir untuk mencetak generasi penerus yang berakhlak karimah, berpikir rasional, dan taat beribadah.

Lokasi

Pondok Pesantren Syafi’i Akrom terletak di desa Jenggot, kecamatan Pekalongan Selatan, kotamadya Pekalongan. Lokasi pondok mudah dijangkau sarana transportasi karena letaknya hanya 2 km dari pusat kota. Selain itu, dengan luas tanah sekitar 36.000 M² (3,6 Hektar) cukup luar untuk menampung kegiatan santri.

Sarana dan Prasarana

Selain pemondokan bagi santri, di lokasi pondok juga disediakan sarana dan prasarana yang memadai. Mulai tahun 2004 di tanah pondok didirikan SMK Syafi’i Akrom yang membuka jurusan Komputer, Otomotif, dan Tata Busana. Sampai saat ini siswa SMK mencapai kurang lebih 600 orang. Di lokasi pondok juga didirikan Play Group sebagai lembaga pengajaran bagi anak-anak di bawah lima tahun. Selain itu, di lokasi pondok juga didirikan Puskesmas (hasil kerjasama dengan Dinas Kesehatan Pekalongan). Alhamdulillah, pada tahun 2008 Puskesmas Pondok dinobatkan sebagai Puskesmas dengan pelayanan terbaik di Indonesia dan mendapat hadiah dari Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Santri Pondok Pesantren

Pondok Pesantren Syafi’i Akrom menerima santri dengan bermacam-macam latar belakng pendidikan. Ada yang bersekolah di SMK Syafi’i Akrom, maupun santri yang hanya belajar di pondok.

Kurikulum

Untuk mencetak santri yang taat beribadah dan berwawasan keagamaan, maka Pondok Pesantren Syafi’i Akrom menyelenggarakan pengajian yang materinya selaras dengan Al-Qur`an dan Al-Hadits. Adapun kitab yang dikaji antara lain:

Tafsir Al-Qur`an

Hadits

Akidah

Fikih

Akhlak

Sejarah Islam

Nahwu dan Sharaf (Bahasa Arab)

Dan lain-lain

Tenaga Pengajar

Para guru dan pengajar di Pondok Pesantren Syafi’i Akrom terdiri dari para lulusan Universitas Timur Tengah (Al-Azhar-Mesir), Universitas dalam negeri maupun alumnus pondok pesantren.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar